Senin, 14 Februari 2011

Materi TIK kelas 9:INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)


jaringan internet

  1. Pengertian

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan/badan usaha yang menjual koneksi
internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon,
karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah
satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan
menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

2. Ada Dua Tipe Layanan ISP :

1.) Dial on demand Internet
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus
menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet.
Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-
layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.
2.) Dedicated Internet
Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7.
Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan
membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna
memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.
Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP
memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data
yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini
biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan internet dedicate internet adalah Speedy, ERA AKSES, dan layanan dari chanel 11.

3. Apa Isi Dari ISP??

ISP itu isinya adalah orang dan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk memberikan service
koneksi internet kepada pelanggan-pelanggannya Peralatan-peralatan tersebut biasanya berupa
server, router, peralatan-peralatan untuk koneksi ke pelanggan-pelanggannya dan peralatan-
peralatan interkoneksi mereka ke upstream. Biasanya ISP bekerja sama dengan operator jaringan
dalam menjalankan usahanya. Jadi ada juga ISP yang tidak memiliki peralatan jaringan. Mereka
hanya punya SDM untuk penjualan, customer support dan billing atau penagihan. Sisanya, mulai
bandwidth, system jaringan, diserahkan kepada operator jaringan. Misalnya saya adalah sebuah
ISP bekerja sama dengan pemilik jaringan telepon untuk membuat system koneksi internet dial
up. Saya juga membeli bandwidth dari pemilik jaringan telepon tersebut dan saya terima beres
semuanya. Setelah itu saya tinggal menjual produk internet dial up tersebut, menyediakan system
customer support dan menangani pembayaran.

 Mengapa ISP tidak bisa membersihkan virus?
Karena yang bisa membersihkan virus adalah sebuah program antivirus. Antivirus hanya bisa
mengidentifikasikan atau menebak sebuah file/data/program itu adalah virus, jika
file/data/program itu sudah utuh.
Sedangkan file/data/program yang diterima dan dilewatkan oleh ISP itu adalah dalam bentuk pecahan.


 Kriteria Yang Bisa Dipakai Acuan Oleh Calon Pengguna Internet
a. Pelanggannya banyak
Sebuah ISP dengan ratusan pelanggan, mestinya secara kualitas lebih baik dibanding ISP yang
masih memiliki puluhan pelanggan. Sebab ngga mungkin donk ratusan orang salah pilih. Dan
kesempatan calon pelanggan untuk bertanya kepada pengguna ISP tersebut juga semakin
gampang. Malah bisa jadi teman anda sudah menggunakannya. Kan lebih enak kalau kata ISP
tersebut bagus atau tidak keluar dari teman yang bisa kita percaya.
Jadi pertanyaan calon pengguna internet kepada bagian marketing atau sales dari sebuah ISP
adalah : Berapa jumlah pelanggan Anda?

 b. Service.
ISP dan jaringan computer yang saling berkaitan pada dasarnya dibangun pada sebuah system
yang tidak reliable. Masalah pada koneksi internet itu sangat lumrah terjadi. Bencana alam,
kesalahan manusia, umur peralatan, kesalahan manusia saat mengoperasikan peralatan, listrik
dsb bisa menyebabkan koneksi internet pelanggan mati. Jadi pastikan saat anda mengalami
masalah dengan internet anda mempunyai tempat untuk berkonsultasi. Setidaknya anda tahu
nanti masalah terjadi dimana dan kira-kira kita harus bagaimana sekarang untuk bisa
mendapatkan koneksi internet lagi.
Ini penting bagi anda-anda yang awam dengan internet dan orang-orang yang menggunakan
internet 24 jam sehari.

 c. Mempunyai system redundancy.
System redundancy itu apa sih?
Bahasa awamnya adalah system koneksi cadangan. Dimana koneksi ini akan berfungsi jika
koneksi utama mereka mati. Sangat penting, seperti kondisi saat kabel FO dunia di Taiwan
putus, kalau ISPnya tidak memiliki koneksi cadangan yang bagus, maka dipastikan selama 3
minggu koneksi anda tidak akan bisa digunakan.

d. Harga
Harga sebenarnya adalah factor utama. Tapi sebenarnya pemilihan koneksi internet bagusnya
dilihat dari perbandiangan antara harga dengan bandwidth dan kebutuhan anda. Sebab sekarang
harga bandwidth internet di Denpasar sudah cukup standar dimana umumnya internet paling
murah itu rata-rata dimulai dari 300ribu rupiah, walaupun ada saya dengar bisa 100-200ribu
rupiah tapi saya belum pernah ketemu langsung dengan orang yang menggunakannnya.
Harga sebanding dengan bandwidth atau kecepatan internet. Semakin murah, semakin kecil
kecepatannya. Kita tidak perlu berargumen banyak dalam hal ini sebab, fakta secara teknis
memang begitu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar