Jumat, 11 Februari 2011

Materi TIK kelas 8:mengenal kotak dialog microsoft word

Mengenal Microsoft Word
Apa sih Microsoft Word?
Microsoft Word adalah software pengolah kata, tujuannya untuk membuat laporan, membuat surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.  II.

A.     Membuka Microsoft Word
Bagaimana kah cara membuka Microsoft Word?, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:
1. Pada jendela Microsoft Windows
2.Klik TombolStart Pilih All Programs
3.Kemudian pilih dan klik Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
Cara lain yang bisa dipakai:
-Double Klik icon Microsoft Word pada desktop (jika short cut ke microsoft word sudah   dibuat)







Sebelum membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada baiknya kita kenal dulu beberapa  istilah yang sering dipakai. Diantaranya yaitu Screen Layout (tampilan layar),Menu, dan Toolbar.

1.      Screen Layout  Screen Layoutatau tampilan layar, yaitu tampilan yang ditunjukkan komputer saat  menjalankan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, tampilannya seperti gambar di atas.  Lihat bagian Baris Judul, terdapat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, Microsoft Word akan menampilkan file kita dengan nama Document1, 2, 3 dan seterusnya.
2.      Menu KataMenu yang digunakan dalam Microsoft Word artinya hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari, contohnya daftar menu di restoran. Di dalam menu ini ada beberapa perintah yang dapat dipilih, cara memilihnya adalah dengan menggeser mouse pada daftar menu, untuk menjalankan perintah pada menu tertentu cukup dengan mengklik perintah pada menu tersebut. 







4.      Toolbar Toolbaritu apa sih? Toolbar itu adalah adalah beberapa gambar kecil (icon) yang dipakai untuk menjalankan sebuah perintah yang ada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan meng-lik gambar kecil pada baris toolbar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar